Senin, 10 Maret 2014

NOW OR NEVER, menyikapi penundaan. [motivasi yang akan membakar dan merubah hidup anda]

NOW OR NEVER, menyikapi penundaan. [motivasi yang akan membakar dan merubah hidup anda]

oleh: Dev Karan Khan

"Nanti saja.. ."
"sedang tanggung.. ."

seberapa sering kata-kata seperti itu anda katakan pada seseorang, atau kepada diri anda ketika datang suatu tugas atau pekerjaan yang seharusnya anda kerjakan SEKARANG ?

Kedua contoh kata di atas mungkin terlampau sering anda katakan, hingga akhirnya tertundalah pekerjaan tersebut beberapa jam, hari, minggu dan seterusnya, dan anehnya ketika tiba waktu yang anda janjikan sendiri nyatanya masih dengan begitu mudahnya berkata.. nanti.

Penundaan adalah hal yang umum, anda dan saya terkadang sesekali terucap kata-kata yang bermakna penundaan. Dan pada artikel kali ini saya akan membahas tuntas tentang penundaan.

Penundaan bisa terjadi dimana saja, tidak peduli anda seorang pelajar, mahasiswa, pekerja, businessman, bahkan seorang pengangguran sekalipun.

Semakin sering anda melakukan penundaan, semakin menumpuk dan kian beratlah beban tugas anda, pada waktu anda menunda otomatis waktu tersebut akan terisi hal-hal remeh yang tidak ada manfaatnya atau hubungannya dengan kehidupan anda, dan pada waktu yang anda janjikan anda harus mengeluarkan energi minimal 2X lipat dari yang seharusnya, karena pada waktu tersebut telah menanti satu tugas baru.

Maka sudah seharusnya penundaan demi penundaan itu anda akhiri, lakukan setahap demi setahap dan dengan kesadaran penuh.

Sekarang marilah kita telaah satu persatu faktor-faktor yang menyebabkan seseorang melakukan penundaan. Di sini saya hanya memberikan 7 hal, silahkan anda tambah sendiri:

1. Ada yang lebih penting.

tak selamanya, apa yang sudah kita rencanakan dan tetapkan akan berjalan tepat waktu dan lancar, terkadang anda di hadapkan pada suatu kejadian yang mau tidak mau membuat anda menunda, dalam hal ini anda merasa hal tersebut jauh lebih penting. Tentu saja anda harus menundanya, karena tetap pada rencana awal anda sendiri yang akan rugi.

2. Keperluan mendadak.

mirip dengan faktor satu, ini pun datangnya tidak terduga, walau tidak sepenting yang pertama, karena mengabaikan ini anda juga tetap rugi.

3. Faktor pihak ke dua.

dalam banyak hal terkadang kita tidak sendiri, berdua mungkin, atau bekerja dalam team. Dimana posisi anda siap tetapi rekan anda, atau team anda berhalangan (karena hal 1 dan hal 2, bisa saja). Ketika anda mengalami ini, tentu saja anda harus bersikap bijak mengalah, atau kalau anda merasa harus tetap di laksanakan anda harus punya rekan akan team pengganti yang sama profesionalnya dengan mereka, dan dengan seizin dan sepengetahuan mereka.

4. Tidak siap.

alasan yang tampak wajar, tetapi sebenarnya tidak tepat. Karena seharusnya jauh sebelum waktu yang di tetapkan anda telah sangat siap secara rencana, mental, kemampuan dan sarana.

5. Kurang motivasi.

seharusnya anda pelajari dan tetapkan hal-hal positif apa yang akan anda dapatkan bila anda kerjakan, atau hal-hal negatif apa yang akan anda alami jika menangguhkan. Ini penting karena sekecil apapun dreams anda, jika anda tidak punya motivasi yang kuat, maka anda TELAH GAGAL SEBELUM WAKTUNYA!

6. Kejenuhan.

dalam istilah lain Bete atau boring. Anda tidak seharusnya merasa jenuh, karena akan sangat berpengaruh negatif pada dreams, rencana dan lingkungan sekitar anda. Anda harus bersemangat dan tetap be positif, karena itulah yang di sebut sebagai profesional.

7. Malas.

inilah penyebab utama kegagalan anda dalam segala hal. Sikap malas cenderung membuat anda cuek dan pasif. Padahal pada waktu yang sama banyak orang-orang yang peduli, antusias dan aktif meraih cita-cita mereka.

Jika anda berjalan, sementara orang lain berlari, bisa di pastikan anda AKAN KALAH. Apalagi jika anda diam dan di waktu yang sama orang lain berlari, maka anda TELAH KALAH TANPA DI KALAHKAN!

Dan sebagai penutup, setelah anda membaca artikel ini mulailah merenung, betapa banyak hal-hal yang seharusnya anda raih, tetapi nyatanya tertunda, bahkan hilang seiring menipisnya impian dan motivasi.

Berita baiknya adalah anda masih hidup, berfikir, dan punya waktu.

Maka jangan tunda lagi, katakan NOW OR NEVER! Sekarang atau tidak pernah sama sekali!

Bangun kembali rencana-rencana dan impian anda, lalu bertindaklah.

Minimalisirkan penundaan, mulailah berjalan kalau perlu berlari. Nikmati tetes demi tetes keringat action anda.

Sampai nanti anda akan terheran-heran sendiri melihat perubahan besar diri anda, sebagaimana orang lain yang juga memandang anda dengan takjub saat anda berdiri di PUNCAK KESUKSESAN.

Salam dahsyat 165

SEMANGAT UNLIMITED !

Bagi yang ingin mendengarkan langsung materi yang di sampaikan di postingan ini, download mp3nya di SINI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar