Senin, 10 Maret 2014

Carilah, dan anda akan menemukannya

Ketika menuliskan catatan ini hati saya merasakan kelegaan, juga kepuasan. Bagaimana tidak? Karena berkat kesabaran dalam mencari dan menelusuri jawaban, terus mencoba meski terkadang gagal dan berakibat tambah rumitnya masalah, saya pun akhirnya setahap demi setahap keluar dari lingkaran yang benar-benar menyakitkan kepala. Nyaris saya harus kehilangan uang tidak hanya puluhan ribu rupiah tetapi bisa jadi mencapai ratusan ribu bahkan mencapai titik juta.

Berawal dari rasa ingin tahu yang begitu besar akan seluk beluk laptop dimana saya menuliskan catatan ini, saya seringkali membuka file-file atau program yang hasilnya justru membuat laptop jadi error, walau pun laptop ini masih bergaransi tentunya pihak toko tidak dengan begitu mudah menerima keluhan, apalagi jika terjadinya error adalah karena kesalahan yang di sebabkan pengguna, pihak toko tentu saja angkat tangan dan garansi pun tak berarti apa-apa. Maka dalam menghadapi hal tersebut jawaban simple yang saya terima dari toko hanyalah menginstall ulang, dengan konsekuensi semua data akan terhapus, tetapi ini tidaklah gratis, ada harga jasa yang harus di bayarkan. Untuk mereka yang punya kantong tebal tentulah tidak menjadi persoalan, service bisa di beli dengan uang, tetapi untuk ukuran saya yang ...[aah yang jelas saya tidak sekaya mereka] saya harus mencari jalan lain.

Jawaban yang mendekati pasti hanyalah meminta bantuan seorang teman yang pakar komputer, tetapi ini juga saya kok berat ya buat menerapkannya. Pertama memang saya tidak begitu punya banyak teman yang pakar komputer, kedua kalau toh ada belum tentu bantuannya bisa sukarela. Aihh harus muter otak lagi... .

Terakhir jawaban yang mau tidak mau harus saya pakai adalah mencari jawabnya via google. Berbekal pengetahuan seadanya, sarana yang juga serba terbatas karena untuk bisa online saya hanya mengandalkan hape nokia 7610. Jadi demikianlah solusi demi solusi saya dapatkan secara otodidak, blogwalking dari satu blog ke blog yang lain, mencari keyword yang tepat untuk di masukkan pada google search engine, juga sedikit kenekatan untuk mempraktekkan tips dan trik yang di dapat.

Hasilnya, selain saya semakin mengerti seluk beluk laptop, tahu fungsi-fungsi program dalam windows 7 ultimate, semua kendala yang terjadi di laptop juga satu persatu teratasi, dan itu semua saya dapatkan secara cuma-cuma.

Dan kesimpulan akhir dari catatan ini adalah beranilah untuk mencoba, jangan mundur kalau terjadi kesalahan, gunakan semaksimal mungkin sarana yang ada untuk membantu anda menjadi semakin baik dan pandai dalam hal apapun. Berani mengambil keputusan, dan belajarlah untuk bisa belajar secara otodidak. Inilah kunci dasar membangun kemakmuran dalam hidup.

Sebenarnya ini bukanlah semata tentang uang, tetapi tentang bagaimana anda bisa semakin berkembang. Tidak menjadi pribadi yang manja yang sedikit-sedikit meminta bantuan orang lain, sedikit-sedikit menggunakan uang sebagai solusi, karena ini bisa menjadi sangat berbahaya jika menjadi karakter diri anda, sebab tidak selamanya orang lain bersedia tulus membantu dan tidak selamanya anda memiliki uang. Tetapi jika anda berani bersikap rendah hati untuk belajar. Anda akan menjadi jalan solusi itu sendiri, baik untuk diri anda sendiri maupun untuk orang lain.

Semoga catatan kecil ini menginspirasi anda. Salam semangat unlimited!

bandarlampung, 29-30 september 2013

Tidak ada komentar:

Posting Komentar