Kamis, 27 Maret 2014

MENULIS

Selamat pagi jelang siang. . .(hehe. . . Setidaknya itulah waktu yang kulewati saat menulis catatan ini).

Kalau teman-teman membaca judul di atas ya jangan heran atau bingung, karena apa yang saya tuliskan ini memang terkait erat dengan judul di atas.

Menulis sepintas lalu tampaknya mudah, namun tidak demikian untuk sebagian orang, karena bagi mereka ini ide untuk bahan tulisan sebenarnya banyak tapi entah kenapa saat berhadapan dengan kertas ketika memegang pulpen, atau bagi teman-teman blogger di mwb yang siap posting dengan segudang ide dengan hp di tangan, waktu terus berlalu tanpa sepatah katapun yang tertulis.. .

Penyakit ini umum di alami penulis, dan jangan kamu kira saya sebagai penulis di blog ini tak mengalami hal itu, tapi tentu saja tiap penyakit ada obatnya, yang dalam bahasa arabnya kullu daa'in dawaa'in[al hadits].

Dan tahukah kamu justru penyakit itulah yang menimpa saya selama berhari-hari dan ini tak bisa di biarkan, karena efeknya jelas, blog saya akan sama sekali kosong postingan dan saya akan terus tersiksa menyimpan milyaran ide-ide dalam kepala saya yang terus menerus mendesak untuk keluar jadi artikel baik di kertas maupun di blog.

Hehe. . . Btw jangan dongkol dulu membaca postingan ini yang tampaknya panjang tapi mungkin cuma sekedar tulisan konyol sebuah curhat. Because pada intinya saya akan berbagi tips-tips menarik terkait masalah tulis menulis yang mudah-mudahan dapat membantu teman-teman mengatasi penyakit yang menjengkelkan ini.

Dulu guru di smpku, guru bahasa indonesia maksudnya pernah pada suatu hari memerintahkan murid-muridnya membuat karangan. Lalu ada seorang murid yang lama diam saja belum juga menulis karangan apapun, hal ini tentu saja menarik perhatian bu guru, beliau lalu bertanya, "kenapa kamu belum buat karangan, nak?",

"saya tidak bisa mengarang, bu"

"kalau begitu, kamu buat karangan saja dengan judul atau tema MENGAPA SAYA TIDAK BISA MENGARANG?".

Anehnya setelah mendengar kata-kata terakhir tersebut, murid yang tadinya bingung mau mengarang apa spontan menulis di bukunya sebuah karangan dengan judul MENGAPA SAYA TIDAK BISA MENGARANG?.

Dan tahukah teman-teman apa yang terjadi dengan karangan teman yang tidak bisa mengarang tersebut? Ia mendapat nilai terbaik dengan karangan terbaik dan isi karangan yang jauh lebih panjang serta menarik di banding teman-teman yang lain.

Dari kisah kecil ini saya rasa teman-teman bisa menangkap pesan maupun hikmah yang bisa di ambil.

Jadi adalah bohong besar jika ada yang bilang "SAYA TIDAK BISA MENGARANG!".

Sebenarnya apa yang membuat selama ini kita jadi merasa sulit membuat sebuah karangan / tulisan / postingan? Sampai-sampai copy paste karya orang lain jadi sasaran pilihan:mrgreen:

Kita sulit membuat tulisan karena selama ini kita terpaku pada APA YANG SAYA KATAKAN, kita terlalu membebani fikiran untuk membuat tulisan yang bagus, hebat dll. Kita lebih fokus pada pujian apa yang akan kita terima dari tulisan kita, so. . . hal-hal inilah yang secara sadar atau tidak jadi penghalang kreativitas kita dalam menulis.

Mulai saat ini mari sama-sama kita ganti paradigma kita, bukan pada apa yang akan kita katakan yang akan kita tuliskan, tapi fokuslah untuk menuliskan apa yang kita fikirkan[teman-teman pasti tahu bahwa tiap detik otak kita terus berfikir,hehehe :)].

Dengan menuliskan apa yang kamu fikirkan maka tanpa kamu sadari tangan kamu nantinya takkan berhenti untuk menulis dan terus menulis, sebagai mana otak terus berfikir dan terus berfikir.

Sampai disini pasti teman-teman mulai memahami maksud saya,hehe. . . Dan usai membaca tulisan ini teman-teman mungkin saja mulai terpancing untuk menulis sendiri, dengan gaya bahasa sendiri yang unik dan akhirnya punya tulisan-tulisan yang berkarakter. Dan berhenti untuk copy paste karya orang lain.

Percayalah, kamu adalah makhluq luar biasa dengan pemikiran yang juga luar biasa. Dan kita telah memilih menjadi blogger, kenapa? Karena blogger itu jenius!

Kalau sampai sini ada yang masih tidak percaya, saya rasa postingan ini adalah buktinya. Postingan ini di buat karena kebingungan saya tentang apa yang ingin saya tuliskan, daripada bingung ya saya menulis saja tentang menulis, xixixi. . .

Oke, jika ada yang ingin di tanyakan tuliskan saja di kolom komentar, dan di sini saya menunggu kabar tulisan/postingan kamu yang luar biasa! Keep spirit all!

SEMANGAT UNLIMITED !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar