Senin, 10 Maret 2014

FENOMENA COPYPASTE DI DUNIA BLOGGER

Istilah COPYPASTE sangatlah umum saat ini di bicarakan, dan Saya akan membahas tuntas tentang COPYPASTE ini dalam POSTINGAN perdana Saya.

Copy artinya salin atau memperbanyak atau menggandakan sedangkan paste adalah meletakkan, menempelkan. Kalau di artikan maka COPYPASTE artinya menggandakan sesuatu lalu di tempatkan pada sesuatu. Sedangkan kalau di definisikan menurut makna dalam dunia BLOGger maka COPYPASTE adalah menggandakan suatu tulisan dari suatu BLOG dalam bentuk apapun baik keseluruhan maupun sebagian dengan atau tanpa seidzin pemilik asli tulisan tersebut yang kemudian di muat ulang di BLOGnya atau BLOG orang lain.

Yang saat ini ramai di bicarakan di dunia BLOGger khususnya keluarga besar MYWAPBLOG.COM adalah COPYPASTE berupa artikel dan komentar.

Adapun para COPASER [baca: orang yang melakukan COPYPASTE] yang akan kita bicarakan di sini adalah para MWBERS [baca: pemilik-pemilik BLOG di mywapBLOG.com]. Kita tidak akan membicarakan para BLOGger di domain lain, semisal BLOGspot dan wordpress, karena selain tidak separah di MYWAPBLOG.COM para COPASERnya, rata-rata COPASER di 2 domain tersebut telah mengerti etika dan aturan main COPYPASTE.

Di mywapBLOG.com inilah terdapat banyak COPASER yang nyaris bisa di kategorikan juga sebagai spamer. Hal ini terjadi karena mywapBLOG yang di kenal sebagai mobile BLOG ini sangat mudah cara daftarnya, menggunakannya dan tentu saja untuk melakukan yang kita sebut COPYPASTE ini. Dari yang berpendidikan tinggi dan intelek sampai yang berpendidikan rendah yang miskin pengetahuan pun bisa jadi BLOGger di mywapBLOG ini, asalkan punya hp yang bisa conect ke internet.

Fenomena COPYPASTE di MYWAPBLOG.COM sangat menonjol dalam bentuk POSTINGAN saat mereka update, maupun dalam bentuk komentar saat mereka BLOGwalking ke BLOG-BLOG MYWAPBLOG.COM lain. Contoh COPYPASTE dalam bentuk komentar akan kita dapati kata-kata seperti: mantap sob, sip artikelnya gan, di tunggu kunbalnya, folbacknya bro, maaf cuma lewat, absen pagi/siang/sore/malam dan lain-lain.

Lantas apa sebenarnya motivasi mereka melakukan COPYPASTE artikel dan komentar itu? Berikut ini alasan-alasan yang mungkin di jadikan pembelaan:
1. Penting, karena merasa artikel yang di baca penting maka ia merasa wajib share.
2. Simple, karena ribetnya buat POSTINGAN karya sendiri, maka simplenya ya mending copas.
3. Share, mirip alasan pertama, hanya mungkin gak terlalu penting tapi punya niat share.
4. Iseng, sangking bingungnya buat POSTINGAN iseng-iseng BLOGwalking lihat artikel bagus. Langsung di copas.
5. Deadline, BLOGger yang terbiasa tetap dalam update POSTINGAN dan di kejar deadline, sementara otak lagi blank.
6. Malu, terlampau sering liat BLOG bagus sementara COPASER sadar belum bisa buat POSTINGAN bagus, copas pun jadi alternatif.
7. Gengsi, karena banyak pengunjung, ini bisa membuat gengsi yang ujung-ujungnya...
8. Rating, biasanya yang di copas adalah BLOG-BLOG besar yang tujuannya agar BLOGnya sejajar dan masuk urutan awal dalam daftar search.
9. Bisnis, banyak para BLOGger yang memanfaatkan BLOGnya untuk bisa punya penghasilan, apapun bentuk bisnisnya kadang hal ini juga termasuk alasan seseorang COPYPASTE.

Tak terhitung rasanya jumlah BLOGger yang melakukan COPYPASTE yang tanpa di sadari telah merugikan pihak BLOG yang di COPYPASTE.
Namun bukan berarti kita berhenti dan patah semangat untuk terus mengkampanyekan stop COPYPASTE ini.
Meski tidak mungkin berubah secara total namun setidaknya bisa meminimalisir kerugiannya.

COPYPASTE dalam apapun bentuknya [POSTINGAN atau komentar] tetap mempunyai unsur positif dan negatif.

Unsur positif dari COPYPASTE adalah:
1. Semakin tersebarnya informasi sehingga orang lain yang melakukan pencarian di search engine kian mudah mendapatkan informasi yang di cari.

2. COPYPASTE bisa jadi pembelajaran bagi COPASER, karena jika yang di COPYPASTEnya merupakan pengetahuan, COPASER harus siap pula untuk menjawab atau menjelaskan jika ada yang bertanya terkait pengetahuan dalam POSTINGANnya, dan harapannya kedepan COPASER tersebut akan lebih memilih membuat POSTINGAN yang murni hasil pemikirannya, karena akan jauh lebih mudah untuk menjawab pertanyaan atau menjelaskan POSTINGAN sendiri di banding hasil COPYPASTE.

Adapun unsur negatif dari COPYPASTE adalah:

1. Nama baik COPASER tersebut akan tercemar karena hanya akan di cap sebagai spamer dan plagiat oleh BLOGger lain.

2. BLOG seorang COPASER, besar kemungkinan akan di hapus oleh pemilik domain berkat pengaduan BLOGger lain, baik yang dirugikan secara langsung atau pengunjung BLOG yang merasa tertipu, karena apa yang mereka temukan tak lebih dari apa yang sebelumnya telah mereka dapatkan dari BLOG lain.

3. COPASER akan jatuh dan terhina dimata BLOGger lain, puncaknya adalah pemilik domain [dalam hal ini mr. Arvind Gupta] dan domainnya [mywapBLOG.com] akan ikut buruk citranya.

Terakhir, pada dasarnya COPYPASTE POSTINGAN dan komentar lebih banyak nilai negatif di banding positif, lebih banyak rugi di banding untung. Marilah kita dukung bersama untuk stop COPYPASTE, stop spaming. Kita mulai dari BLOG kita sendiri.

Jauh lebih terhormat POSTINGAN yang singkat dan sederhana tetapi di buat dengan hasil jerih payah sendiri, dan jauh lebih punya etika meninggalkan komentar yang sesuai dengan POSTINGAN.

Secara pribadi Saya minta maaf jika ada POSTINGAN yang pernah Saya COPYPASTE, jika Saya pernah berlaku spaming, koment COPYPASTE, meminta kunbal dan folback.

Karena hidup adalah proses.. .

"Orang yang baik bukan yang tidak pernah melakukan kesalahan, tapi yang menyadari kesalahannya dan memperbaikinya". [rhoma irama]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar